5 Makanan Tinggi Protein yang Baik untuk Vegan

Makanan tinggi protein sangat dibutuhkan untuk memenuhi nutrisi harian. Sebab, protein memiliki peran penting untuk tubuh, seperti menjaga kekuatan otot, menjaga kekebalan tubuh, sumber energi, hingga memperbaiki sel yang rusak.

diet vegetarian

 

Saat tubuh kekurangan protein, akan banyak masalah kesehatan bermunculan. Di antaranya masa otot berkurang, sistem imun menurun, rambut rontok, retensi cairan, dan masih banyak lainnya.

Umumnya, orang hanya mengetahui bahwa sumber protein terbaik bersumber dari hewan. Padahal tidak demikian, sebab banyak bahan nabati yang memiliki kandungan protein tinggi.

Tentunya, sumber protein tersebut sangat baik untuk vegan dan bisa membantu memenuhi kebutuhan hariannya. Untuk mengetahui apa saja sumber protein tersebut, simak selengkapnya berikut ini.

5 Makanan Tinggi Protein untuk Vegan

Vegan adalah merupakan gaya hidup yang tidak mengonsumsi produk hewan sama sekali. Pola makan vegan sangat ketat karena mereka bahkan tidak mengonsumsi berbagai produk turunan dari hewan.

Oleh sebab itu, dalam pemenuhan protein hariannya vegan juga tidak mengandalkan produk hewan. Tapi, harus mengandalkan produk nabati dan olahannya. Sebagai tambahan informasi, bahwa kebutuhan protein harian manusia adalah 0.75 gram per 1 kg massa tubuh.

Jika dirata-rata, maka kebutuhan protein untuk wanita adalah 45 gram. Sedangkan untuk pria adalah 55 gram pe hari. Berikut ini adalah makanan tinggi protein yang baik untuk vegan dalam memenuhi kebutuhan protein hariannya:

Vegetarian enak

  1. Tahu

Merupakan makanan yang diperoleh dari endapan kedelai yang diproses dengan prinsip koagulasi. Kandungan protein dalam 100 gram tahu adalah 8 gram. Kadar tersebut cukup tinggi untuk memenuhi kebutuhan protein harian.

Selain memiliki kandungan protein yang cukup tinggi, tahu juga sangat baik untuk kesehatan tubuh. Selain itu, kamu bisa mengolah tahu menjadi berbagai makanan lezat dan tidak membosankan.

  1. Tempe

Tempe sering disebut sebagai teman tahu karena sama-sama terbuat dari kedelai. Yang membedakan keduanya adalah pada proses pembuatannya. Sebab, tempe dibuat dengan proses fermentasi.

Proses fermentasinya dibantu oleh kapang berjenis Rhizopus. Tidak salah jika tempe disebut sebagai makanan tinggi protein, sebab kandungan protein dalam 100 gram tempe adalah 19 gram.

Kandungan proteinnya tidak kalah dari produk hewani. Selain itu, tempe juga memiliki cita rasa sedap untuk diolah menjadi berbagai makanan.

  1. Edamame

Edamam atau kacang kedelai jepang yang masih berwarna hijau. Berbeda dari kacang kedelai kebanyakan, ukuran edamame lebih besar dengan rasa yang lebih sedap.

Meski berasal dari jepang, saat ini edamame banya dibudidayakan di berbagai negara. Salah satunya adalah Indonesia. Sehingga, kamu bisa dengan mudah menemukan kacang ini di super market.

Kandungan protein dalam 100 gram edamame adalah 11 gram. Tidak heran jika edamame menjadi makanan tinggi protein. Cara mengolah edamame sangat mudah, kamu hanya perlu merebusnya.

  1. Nutritional Yeast

Nutritional yeast adalah ragi yang sudah dideaktivasi, sehingga lebih vegan friendly. Bahan makanan ini biasanya digunakan untuk memberi rasa seperti keju. Kandungan protein pada 100 gram nutritional yeast adalah 8 gram.

Selain tinggi protein, ragi nutrisi ini juga memiliki kandungan berbagai vitamin, mineral, dan antioksidan. Sayangnya, tidak semua orang bisa mengonsumsinya. Sebab, bahan pangan ini bisa menyebabkan pencernaan menjadi kurang nyaman seperti kembung atau mulas.

  1. Oat

Makanan tinggi protein berikutnya adalah oat yang saat ini sangat mudah ditemui di Indonesia. Oat merupakan jenis serealia yang sangat baik untuk tubuh, terutama bagi kamu yang sedang diet.

Sebab, makanan ini mengandung serat pangan kompleks yang bermanfaat untuk pencernaan. Selain itu, kandungan proteinnya juga cukup tinggi yaitu dalam 100 gram mengandung 13 gram protein.

Memenuhi kebutuhan protein harian merupakan sebuah keharusan, tidak terkecuali vegan. Untuk memenuhinya, kamu bisa mengonsumsi makanan tinggi protein dari nabati seperti di atas.

Leave a comment

Please note, comments must be approved before they are published

@-ms-viewport{ width: device-width; }